Bina Ketahanan Keluarga Nasional

DASAR PEMIKIRAN

Keluarga adalah sebuah unsur yang sangat penting dalam masyarakat. Karena anggota masyarakat berasal dari sebuah keluarga. Keluarga yang baik akan menghasilkan masyarakat yang baik. Begitu juga sebaliknya. Pendidikan dalam keluarga dinilai menjadi hal yang sangat penting untuk di proklamirkan kapanpun dan dimanapun. Karena dengan adanya pendidikan dasar dalam sebuah keluarga maka akan bermanfaat untuk seluruh anggota keluarga yang lainnya. Menjadi anggota keluarga memang sesuatu yang lumrah bagi semua anggota masyarakat. Pada masa sekarang ini banyak hal ketimpangan-ketimpangan yang terjadi akibat dari kurangnya pemahaman dan tugas-tugas yang mendasar yang menjadi tanggung jawab bagi setiap kepala keluarga ataupun semua anggota keluarga yang ada didunia.

Para peserta berfoto bersama bapak Asep Saifulloh (Pemateri/Ahli Psikolog Keluarga) pada penutupan acara Pelatihan Praktek Konselor Keluarga.

Dalam hal ini untuk mengurangi terhadap adanya ketimpanngan-ketimpangan dalam keluarga perlu adanya wadah yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial dengan mengutamakan pemberdayaan perempuan dan perlindungan terhadap anak. Tujuan Meningkatkan pelayanan pendidikan, kesehatan, serta kesejahteraan sosial dengan mengutamakan keterlibatan perempuan dalam pembangunan dan pemenuhan hak anak. Sasarannya adalah meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan serta kemandirian masyarakat untuk hidup bersih dan sehat sesuai dengan pemenuhan gizi yang baik. Dalam rangka ikut membantu pemerintah dalam hal peningkatkan kesejahteraan keluarga, maka Komunitas berdaya Indonesia ingin membuat program Bina Ketahanan Keluarga berkonsentrasi melakukan kegiatan-kegiatan edukasi kepada masyarakat dalam hal pembinaan keluarga. Kami memandang penting dalam memperhatikan permasalahan seputar pembinaan keluarga. Keluarga merupakan unsur vital dalam membangun sebuah peradaban bagi tatanan masyarakat yang adil makmur dan sejahtera. Visi BKKBN yaitu terwujudnya keluarga berkualitas tahun 2015, maka pembinaan ketahanan keluarga perlu dilakukan secara berkesinambungan. Untuk itu pembinaan keluarga melalui Bina Ketahanan  keluarga mutlak dilakukan demi terwujud keluarga berkualitas sebagaimana yang diharapkan. Dalam menghadapi tantangan yang berkaitan dengan lingkungan strategis akan tuntutan adanya pemerintahan yang baik meliputi adanya kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas dan profesionalisme, kebijakkan program KB yang telah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat harus sejalan dengan aspirasi masyarakat yang ada sekarang ini agar sejalan di jalur yang benar.